Sunday, March 10, 2013

Ini Rahasianya Agar Bebas dari Kebotakan


Secara ilmiah, rambut memiliki unsur pembentuk yang sama dengan kulit dan kuku Anda, yaitu keratin. Keratin merupakan protein berserat yang terdapat di dalam sel-sel epidermis, seperti kulit, kuku dan rambut.

Ini-Rahasianya-Agar-Bebas-dari-Kebotakan
Namun, dibanding kulit dan kuku, rambut menjadi bagian yang paling mudah dijadikan pertanda bahwa tubuh mengalami gangguan kesehatan.
Ini dikarenakan sel-sel yang paling sensitif dan mudah terpengaruh oleh kondisi kesehatan tertentu adalah sel-sel yang berada di akar rambut. Ketika sel-sel tersebut mengalami gangguan, maka akar rambut menjadi rapuh dan terjadi kerontokan.
Umumnya gangguan kesehatan yang disebakan kesalahan nutrisi gejala awalnya bisa dilihat dari kerontokan rambut. Kekurangan asupan vitamin dan mineral sedikit saja, rambut sudah menunjukkan tanda-tanda kerontokan.
Di jaman yang serba instan ini, lebih dari 75 persen permasalahan rambut datang dari penggunaan unsur kimiawi dari produk-produk perawatan rambut. Inilah yang menjadi alasan banyak orang mulai beralih menggunakan produk-produk alami dari tumbuhan yang ramah lingkungan dan bebas unsur kimia.
Pada dasarnya, unsur-unsur penting pembangun rambut bisa didapatkan dari konsumsi makanan sehari-hari. Mengonsumsi makanan sehat memang tidak 100 persen mengatasi kerontokan rambut, namun bisa mengurangi kerontokan rambut menjadi lebih parah.
Lalu, nutrisi apa saja yang sebaiknya dipenuhi untuk mendapatkan rambut kuat dan bebas dari kebotakan?

Protein

Rambut terdiri dari lapisan protein. itulah sebabnya, rambut Anda tidak boleh kekurangan nutrisi yang satu ini. Protein berperan dalam pertumbuhan rambut sekalius berfungsi untuk menguatkan akar rambut. Kurangnya asupan protein dapat menyebabkan rambut rontok dan mudah patah.
Produk susu kedelai, ikan, daging, dan putih telur, merupakan sumber protein yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Sebuah penelitian di Eropa menyebutkan bahwa proetin kedelai dapat menguatkan dan merangsang pertumbuhan rambut hingga 15 persen.

Vitamin C

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak penyebab rambut rontok. Vitamin C juga membantu memperlancar sirkulasi darah dalam pertumbuhan rambut. Sumber vitamin C bisa Anda dapatkan pada buah-buahan segar seperti jeruk, anggur, brokoli, stroberi, dan masih banyak lagi.

Vitamin B

Selain mencegah kerontokan rambut, vitmain B juga menjaga elastisitas rambut. Sama seperti vitamin C, vitmain B juga berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah dalam proses pertumbuhan rambut. Sumber vitmain B bisa Anda dapatkan pada serela gandum, salmon, daging bebas lemak, pisang, keju, dan masih banyak lagi.

Zat Besi

Biasanya kerontokan rambut disebabkan minimnya asupan zat besi dalam tubuh. zat besi membantu protein dalam memperkuat akar rambut agar tidak mudah rontok. Sumber zat besi bisa Anda dapatkan dalam makanan seperti, daging, telur, kacang polong, buncis, dan lainnya.

Tembaga

Mineral yang satu ini juga tak kalah pentingnya dalam memperbaiki kerontokan rambut. Tembaga berperan dalam pigmentasi rambut agar memiliki warna alami. Makanan yang mengandung tembaga antara lain, kerang-kerangan, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau.

Zinc / seng

Seng merupakan salah satu mineral penting selain tembaga yang diperlukan dalam proses pertumbuhan rambut. Kekurangan seng juga bisa mengakibatkan rambut rontok. Seng menjaga kekuatan akar rambut dan batang rambut agar tidak mudah rontok dan patah. Sumber makanan mengandung seng antara lain, kacang tanah, biji labu, daging ayam, kepiting, dan masih banyak lagi. (dan)

1 comment:

  1. ini dia gue cari bang hehehe..thx tipsnya yahh


    komen back yeee

    ReplyDelete