Friday, December 2, 2011

Zoo Market: Belanja Murah Meriah di 'Kebun Binatang'

Dari namanya, mungkin orang terpikir pasar ini menjual hewan peliharaan. Tapi salah besar, salah satu pasar yang paling terkenal di Beijing, Cina tersebut dipenuhi oleh berbagai barang fashion dengan harga miring. 

Ketika bicara tentang tempat belanja di Cina, yang paling populer disebut di antara turis biasanya Wang Fu Jing street atau Silk Market. Kebetulan beberapa waktu lalu saya punya waktu dua minggu untuk menjelajahi Beijing.Nah menurut local shopper, Zoo Market ini adalah tempat berburu mereka.

Zoo Market terletak di area Xizhimen, Beijing. Jika memilih naik subway, pastikan Anda memilih line 4 dan turun di pemberhentian Beijing Zoo (exit D/southwest exit). Cina mematok harga tiket subway flat RMB 2 untuk ke tujuan manapun. Pasar yang juga populer sebagai pusat grosir ini terletak persis di area seberang Kebun Binatang Beijing atau Beijing Zoo. Karena itu tak heran pasar yang umumnya didominasi item fashion tersebut dinamakan Zoo Market. 

Siapa saja yang baru pertamakali berusaha menemukan Beijing Zoo pasti akan kebingungan. Begitu juga saya. Karena begitu kita keluar dari exit D, tidak ada 'penampakan' pasar atau sesuatu yang terlihat seperti pasar. Yang akan Anda lihat adalah gedung dan terminal bus. 

Jangan menyerah, karena ternyata di dalam deretan gedung-gedung itulah Zoo Market berada. Salah satu spot yang paling populer adalah pasar yang terletak di bawah tanah. Setelah keluar dari exit, Anda harus terus berjalan hingga ujung trotoar ke arah flyover, lalu seperti menemukan terowongan ke bawah, masuklah ke dalam situ, lalu… voila! Disitulah terletak Zoo Market yang terkenal. Setelah mengunjungi pasar yang terletak di bawah tanah ini, jangan lupa juga untuk tetap menjelajahi gedung-gedung di sebelahnya (jika budget masih tersedia tentunya :)). Banyak dari barang yang dijual, berbeda antara beberapa market tersebut. 

Hampir benda fashion apa saja bisa ditemukan di sini. Barang-barang yang dijual di pusat belanja populer seperti Wang Fu Jing, Silk Market, atau Xidan, konon juga berasal dari sini. Untuk yang mencari souvenir tentu ini bukan tempat yang tepat, karena umumnya pasar-pasar ini menawarkan benda fashion. Anda tak akan menemukan banyak turis di sini karena pasar ini umumnya lebih banyak diketahui warga lokal. 

Jaket berkualitas bagus bisa Anda dapatkan mulai RMB 60 sedangkan atasan kaus atau blus mulai RMB 20. Tentu saja harga berbanding lurus dengan kualitas. Makin mahal, kualitas biasanya makin bagus. Sepatu-sepatu yang banyak dijual di butik-butik ITC di Jakarta seharga Rp 175-Rp 200 ribu bisa Anda dapatkan mulai dari RMB 50-RMB 80. Untuk pembelian dalam jumlah besar atau grosir, harga bisa lebih murah lagi. 

Salah satu jaket etnik Cina yang saya incar di Wang Fu Jing sebagai hadiah untuk ibu saya temukan di sini dengan harga RMB 50. Sedangkan di Wang Fu Jing, si pedagang membuka harga mulai dari RMB 400 sebelum ditawar. 

Nah, karena harganya murah umumnya pedagang di sini enggan untuk melakukan tawar menawar terlalu jauh. Banyak toko bahkan sudah memajang harga pas alias fixed price. Jangan terlalu memaksa menawar. Selain memang harga tersebut sudah cukup rendah, para penjual juga seringkali cepat kesal dan marah pada Anda. 

Untuk komunikasi, umumnya pedagang di Zoo Market tidak bisa berbahasa Inggris karena tempat ini bukan tujuan umum para turis. Seperti biasa, kalkulator atau handphone akan dijadikan alat untuk melakukan tawar menawar atau memberi informasi harga. Tentunya tak banyak yang bisa Anda tanyakan seputar barang tersebut ke si pedagang karena keterbatasan komunikasi. Jika memiliki teman yang bisa berbahasa Cina sebaiknya ajak dia untuk mempermudah komunikasi. 

Para penggila sepatu, bisa menuju gedung yang berada persis di sebelah basement market arah ke subway. Di lantai basement gedung ini, terdapat banyak sekali penjual sepatu dengan harga mulai dari RMB 20. Sepatu yang berkualitas bagus bisa didapat dengan harga RMB 50 ke atas. 

Berbeda dengan Silk Market yang didominasi oleh barang tiruan brand ternama, Zoo Market lebih banyak menawarkan benda fashion tanpa merek. Rata-rata baju yang dijual di Zoo Market sering kita temui di beberapa butik di Jakarta atau di berbagai ITC. 

Jika berniat datang ke pasar ini siapkan waktu yang cukup panjang, kalau perlu seharian. Selain areanya yang luas, banyak lorong-lorong dan lantai yang bisa di explore ketika mengunjungi area ini. Tak hanya pasar yang berada di bawah tanah, gedung-gedung di sebelahnya sampai ke gedung yang berada di atas terminal bus juga diisi oleh toko-toko yang menawarkan aneka pakaian, sepatu, tas, sampai lingerie. 

Walau umumnya didominasi pakaian untuk wanita, tetapi pakaian anak dan laki-laki juga tersedia di berbagai toko di area ini. Pasar yang dikenal sebagai pusat grosir ini buka sejak jam 7 pagi hari sampai sekitar jam 4 sore. Beberapa restoran fastfood juga terdapat di sekitarnya untuk mengisi perut usai belanja. 

Karena tempatnya yang cukup sempit, maka adegan desak-desakan pasti terjadi. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati dengan barang bawaan karena copet juga populer berkeliaran di pasar-pasar yang sesak. Anak kecil mungkin tak terlalu merasa nyaman berkeliling di pasar-pasar ini. Jika Anda datang sekeluarga, tak ada salahnya membiarkan anak dan pasangan menikmati indahnya Beijing Zoo sementara Anda sibuk menjelajah Zoo Market and everybody's happy!


Sumber:http://id.she.yahoo.com/zoo-market--belanja-murah-meriah-di--kebun-binatang--.html

0 komentar:

Post a Comment