Sunday, December 25, 2011

Perbedaan Drastis bagi Pengguna Windows Mobile


Saat peluncuran Nokia Lumia di Singapura tanggal 7 Desember 2011 lalu, saya sempat berbincang-bincang dengan pihak Nokia dan Microsoft mengenai debut ponsel cerdas Windows Phone dari Nokia. 

Sebelumnya popularitas platform Windows Mobile tergolong buruk di Indonesia. Kini walaupun namanya berubah menjadi Windows Phone, anggapan ini masih membekas di konsumen smartphone. Bagaimana cara Nokia dan Microsoft mengedukasi pasar bahwa semua telah berbeda?
Anthony Wilson: Saya sarankan para konsumen mencoba sendiri Nokia Lumia. Jika Anda pernah menggunakan smartphone berbasis Windows Mobile, pasti akan merasakan perbedaannya yang drastis. Jadi silakan ke toko yang menyediakan unit demo untuk merasakan secara langsung kecanggihan apa yang ditawarkan oleh Nokia Lumia yang berbasis platform Windows Phone. 

Jika harus menyebutkan satu fitur yang akan disukai oleh konsumen di Indonesia, fitur apakah itu?
Andrej Sonkin: Jejaring sosial. Windows Phone dibangun dengan mengedepankan relasi antarorang. Jadi bukan sekedar menempatkan kumpulan ikon berderet rapi, tapi kami menggunakan Live Tile yang ada di halaman utama. Kotak-kotak ubin (tile) ini dapat mewakili satu orang yang Anda tentukan. Jadi begitu Anda membuka detail kontak istri atau teman, misalnya, maka semua update di berbagai jejaring sosial seperti LinkedIn, Facebook, dan Twitter, ditambah SMS, email, serta detail percakapan, akan langsung ditampilkan. Jadi Anda tidak perlu membuka beberapa aplikasi untuk memantau komunikasi dengan seseorang. 

Apakah aplikasi untuk Windows Phone juga tersedia di Nokia Store?
Sirpa Ikola: Tidak. Untuk Nokia Lumia, yang merupakan seri smartphone Nokia berbasis Windows Phone, pengguna dapat mengunduh aplikasi di Marketplace. Nokia Store terbatas untuk ponsel berbasis Symbian dan S40.

Berapa jumlah aplikasi yang tersedia di Marketplace?
Mauro Montanaro: Jumlah aplikasi Windows Phone yang tersedia di Marketplace sudah mencapai lebih dari 40 ribu. Meskipun jumlahnya relatif kecil dibandingkan toko aplikasi lain seperti AppStore dan Android Market, sekitar 90% aplikasi paling populer di dua toko aplikasi tersebut juga bisa didapatkan di Marketplace. Jadi pengguna tetap dapat menggunakan aplikasi kesukaannya di Nokia Lumia.

Kira-kira berapa jumlah produk Nokia yang akan berbasis Windows Phone di tahun 2012?
Andrej Sonkin: Sementara kami belum dapat berkomentar mengenai hal itu. Intinya, Nokia selalu berusaha memenuhi kebutuhan berbagai segmen pengguna. Jadi nantinya konsumen akan melihat berbagai perangkat berbasis Windows Phone dalam berbagai tingkat harga dengan beberapa pilihan desain. Jadi nantikan saja.

Kristian Tjahjono, kontributor situs teknologi konsumen yangcanggih.com. Antusias terhadap berbagai jenis gadget, mulai dari komputer, ponsel, sampai kamera digital.


Sumber:http://id.spesial.yahoo.com/blogs/digitallife/perbedaan-drastis-bagi-pengguna-windows-mobile.html

0 komentar:

Post a Comment