Friday, December 23, 2011

Gua Putri Baturaja, Keajaiban Abadi dari Illahi

Gua Putri Baturaja, Keajaiban Abadi dari Illahi

Gemericik tetes air dari langit-langit gua seolah menyapa lembut setiap pengunjung yang datang berkunjung ke Gua Putri, Batu Raja, Sumatera Selatan.
Tiap tetes air dari yang jatuh mengandung kejaiban alam, anugerah dari Ilahi. Tetes air itu abadi adanya karena tetap mengalir meski di kemarau terkering sekalipun.
Fenomena itu hanya satu dari banyak keajaiban yang bakal Anda temui di dalam gua yang berjarak sekira 230 kilometer dari Kota Palembang itu. Cobalah tengadahkan tangan untuk menampung air tetesannya, jumlah air yang menetes tidak sama bagi setiap pengunjung meskipun sama-sama menunggu dalam waktu yang sama.
Boleh percaya boleh tidak, konon cerita air yang diperoleh dari langit-langit Gua Putri menunjukan rezeki dan peruntungan masing-masing orang. Maka tak heran pegunjung khususnya ibu-ibu tidak pernah lupa menadahkan tangan di bawah tetesan air yang melewati dinding gua ini.
Masuk lebih dalam, bersiaplah untuk kian terpana. Menyusuri setapak jalan di dalam gua, Anda akan disuguhkan pesona stalagmit dan stalagtit bak peraduan sang puteri. Kejaiban lain yang tak kalah mengagumkan, di dalam Goa Puteri terdapat Sungai Semuhun selebar 8 meter sampai 12 meter bermuara ke Sungai Ogan.
Semuhun artinya bermohon atau bermunajat. Sempatkanlah untuk mandi, mencuci muka,atau berwudu kemudian bermunajat kepada Allah agar apa yang dicita-citakan keinginan yang sudah lama terpendam tercapai.
Kabid Kebudayan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Baturaja, Firdaus, menuturkan kisah betapa keajaiban berubah nyata. Akhir Desember tahun 2010 lalu, ada pengunjung dari Jawa memotong dua ekor kambing di Gua Puteri kemudian mengundang warga makan bersama di area Gua Puteri.
Acara potong kambing itu merupakan wujud rasa syukur karena apa yang dicita-citakannya terkabul setelah dia bermunajat di Sungai Semuhun.
Tak cuma itu sungai kecil yang mengalir jernih dalam goa ini dipercaya sebagai tempat pemandian puteri. Mitos yang masih dipercaya air sungai ini berkhasiat dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mencuci muka dapat membuat awet muda. Bahkan, bagi yang belum ada pasangan bisa menemukan jodohnya setelah mencuci muka dengan air ini.

0 komentar:

Post a Comment