Friday, December 2, 2011

Pernapasan Dasar Dalam Yoga

Satu hal yang membedakan yoga dengan olahraga lainnya adalah penyesuaian antara napas dan gerakan demi menghindari kelelahan otot (muscle fatigue). Pengaturan napas akan membawa oksigen lebih banyak ke dalam darah dan otak, serta mengontrol energi (atau prana). Oleh karena itu, pengaturan napas tersebut disebut Pranayama, atau teknik untuk mengontrol energi di dalam tubuh.

Napas adalah kehidupan. Tetapi kita sering lupa dan mengabaikannya. Kita lupa bagaimana bernapas dengan benar. Kebanyakan kita bernapas secara dangkal, menarik napas melalui mulut, mengangkat bahu dan mengkontraksi perut. Hal ini menyebabkan oksigen yang masuk ke dalam paru-paru menjadi terbatas dan mengakibatkan kita menjadi kekurangan gairah dan mudah terkena penyakit.

Dalam yoga, pernapasan dasar yang dianjurkan adalah pernapasan perut (abdominal breathing), yaitu bernapas melalui hidung, mulut tertutup dan memaksimalkan fungsi dari paru-paru kita. Pada saat menarik napas, perut mengembang dan diafragma bergerak ke bawah memijat organ-organ di perut. Pada saat diafragma bergerak ke bawah, terciptalah ruangan di paru-paru sehingga udara dapat masuk secara natural dan lebih banyak. Membuang napas akan terjadi secara alami, diafragma bergerak ke atas dan perut mengecil. 

Pernapasan perut dapat dilakukan kapan saja. Duduklah secara bersila dan letakkan salah satu tangan Anda di perut, dan tangan lainnya di tulang rusuk Anda. Tariklah napas secara perlahan, rasakan perut Anda mengembang dan rasakan udara masuk memenuhi paru-paru sehingga secara otomatis dada Anda juga mengembang. Lalu keluarkan napas secara perlahan, rasakan perut Anda mengempis dan rasakan udara keluar dari paru-paru sehingga secara otomatis dada Anda juga mengempis. Karena udara dikeluarkan dari paru-paru secara maksimal, maka akan tercipta ruang yang lebih besar di paru-paru untuk menampung napas yang masuk berikutnya. Lakukan berulang kali hingga kita merasakan badan menjadi segar dan pikiran menjadi tenang.

Latihan pernapasan perut ini akan memperlancar siklus pernapasan dan membawa lebih banyak oksigen segar ke dalam tubuh untuk dialirkan melalui peredaran darah. Seluruh organ tubuh menjadi sehat sehingga kita menjadi lebih berenergi dan dapat meneruskan aktivitas dengan penuh kesadaran.

Selamat berlatih!


Sumber:http://id.she.yahoo.com/pernapasan-dasar-dalam-yoga.html

0 komentar:

Post a Comment