Friday, December 2, 2011

Polisi Razia Senjata dan Bintang Kejora

Jayapura: Menjelang hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh hari ini (1/12), polisi di Papua bersiaga. Razia digelar di Jayapura antara lain untuk mengantisipasi pengibaran bendera Bintang Kejora dan menyikapi isu yang beredar bahwa akan terjadi kekacauan.
Puluhan polisi dikerahkan dalam razia ini. Setiap kendaraan dihentikan dan pengendaranya diperiksa untuk memastikan tidak ada yang membawa benda berbahaya seperti senjata api maupun senjata tajam. Polisi juga memeriksa jika ada masyarakat yang membawa bendera Bintang Kejora.
Terkait perayaan ulang tahun OPM, polisi akan memberi pengamanan selama tidak melanggar hukum. Tentang pengibaran Bintang Kejora, polisi tidak memberi toleransi. Diperkirakan, ribuan orang akan mengikuti acara syukuran HUT OPM di Lapangan Theys Eluay, Sentani, Jayapura.
Terkait HUT OPM< para pejabat di Manokwari, Papua Barat, menggelar pertemuan dengan tokoh adat dan agama. Sempat muncul perdebatan setelah tokoh adat menyatakan ingin mengibarkan Bintang Kejora sedangkan polisi yang diwakili Kapolres Manokwari AKBP Agustinus Supriyanto menolak tegas.
Setelah hampir empat jam pertemuan, akhirnya disepakati bahwa HUT OPM diperingati dengan cara melakukan ibadah syukuran yang dibiayai Pemkab Manokwari. Sejauh ini aktivitas warga Manokwari berjalan seperti biasa. Polisi berharap warga tak terhasut dengan isu-isu yang bersifat provokatif.(JUM)

0 komentar:

Post a Comment